Rabu, 27 Oktober 2010

PENGERTIAN PAKEM


Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan ( PAKEM )

            PAKEM adalah singkatan dari Aktif, Kreatif, Efektif,dan Menyenangkan maksudnya ialah :
a.      Aktif maksudnya, dalam proses pembalajaran guru harus menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga siswa aktif untuk bertanya, mempertanyakan, dan mengemukakan gagasan. Adanya usaha guru untuk mendorong, membina gairah belajar dan partisipasi siswa agar tercipta siswa yang aktif.
Ciri- cirri Afektif yang tampak pada diri siswa adalah :
a)      Adanya rasa ingin tahu yang timbul dari dalam diri siswa
b)      Bersifat Imajinatif
c)      Merasa tertantang oleh kemajemukan
d)     Sifat berani mengambil resiko
e)      Memiliki sifat menghargai diri sendiri dan orng lain
b.      Kreatif maksudnya pada proses pembelajaran di mana guru harus mampu menciptakan kegiatan yang beragam serta mampu membuat alat bantu atau media belajar yang sederhana yang memudahkan pemahaman siswa.
Ciri- cirri siswa yang berpikir Kreatif adalah ;
a)      Kemampuan berpikir lancar
b)      Keterampilan berpikir luwes
c)      Keterampilan berpikir orisinil
d)     Keterampilan memperinci
e)      Keterampilan menilai
Hal- hal yang di lakukan guru pada pembelajaran Kreatif yaitu :
a)      Guru harus mampu menciptakan lingkungan di dalam kelas yang merangsang siswa belajar kreatif.
b)      Mengajukan pertanyaan dan mengundang pertanyaan yang menantang berpikir siswa, melakukan kegiatan diskusi, Inquiry-Dicovery dalam pembalajaran.
c)      Memadukan perkembangan kognitif dan afektif.

c.       Efektif maksudnya, suatu pembelajaran yang memungkinkanpeserta didik untuk dapat belajar dengan mudah, menyenangkan dan dapat mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan yang di tetapkan.
Upaya- upaya yang di lakukan guru pada pembelajaran Efektif yaitu :
a)      Tahap Persiapan atau Perencanaan Pembelajaran ( RPP )
b)      Tahap Pelaksanaan
c)      Tahap Penilaian
d.      Menyenangkan maksudnya, menciptakan suasana yang menyenangkan dan nyaman. Siswa selaku subjek belajar tidak merasa takut dan tertekan serta berani mencoba.

KARAKTERISTIK PAKEM
a.       Memahami sifat anak
b.      Mengenal anak secara perorangan
c.       Memanfaatkan perilaku anak dalam pengorganisasian belajar
d.      Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan efektif serta mampu memecahkan masalah
e.       Menciptakan ruang kelas sebagai lingkungan belajar yang menarik
f.       Memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar
g.      Memberikan umpan balik yang baik untuk meningkatkan kegiatan
h.      Membedakan antara aktif fisisk dengan aktif mental

Jadi keberhasilan pencapaian mata pelajaran tergantung pada beberapa aspek. Salah satu aspek yang sangat mempengaruhi adalah cara seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar